Selasa, 19 April 2011

HIDUP ADALAH PERJUANGAN


Tafsir QS. Al Balad: 1 – 20

Muqaddimah
Surat al balad terdiri dari 20 ayat, diturunkan di Mekah sesudah surat Qaaf. Di beri nama al-Balad diambil dari kata al-Balad yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya negeri. Negeri yang dimaksud disini adlaah Mekah. Surah Al Balad merupakan wahyu yang ke-34 diterima oleh Rasul walaupun dalam urutan surat menduduki urutan ke 90.


Asbabun Nuzul
Penduduk kota Mekah pada waktu itu telah menghalalkan melalkukan penganiayaan terhadap Rasul. Mereka telah melakukan pelecehan terhadap kehormatan Nabi dan tidak lagi menghormati kota Mekah. Namun demikian, kota Mekah tetap agung disisi Tuhan sehingga Allah berfirma: Aku benar-benar bersumpah dengan kota mekah, dan engkau Muhammad tinggal di kota ini.

Makkah penuh Barokah
(Al Balad 1-9)
allah bersumpah dengan kota Mekah yang tetap agung disisinya meskipun orang kafir tidak lagi menghormati Mekah waktu itu. Mereka menghina dan melecehkan Nabi yang tinggal di kota ini dan Allah mengutarakan bahwa manusia haruslah bersusah payah mencari kebahagiaan meskipun dengan tantangan dan rintangan seperti apa yang pernah dirasakan oleh Rasulullah SAW. Ketika tinggal di Mekah. Dan apapuin yang dilakukan oleh manusia semua berada dalam pengawasan dan pantauan Allah SWT.

Antara Dua Jalan
(Al Balad 10-20)
setetlah Allah memberitahukan bahwa hidup manusia penuh dengan perjuangan maka pada ayat 10-20 Allah menawarkan dua jalan yang harus ditempuh oleh hambaNya. Yaiytu jalan kebaikan dan jalan kejahatan. Jalan kebaikan untuk mendapatkan kebahagiaan, sedangkan jalan kejahatan untuk memperoleh kesengsaraan. Allah memberikan harta kepada manusia agar manusia tidak lagi enempuh jalan mendaki dan sukar artinya janganlah dengan hartanya sehngga ia memilih jalan kemaksiatan. Tapi dengan harta anugrah Allah akan dapat digunakan untuk menolng anak yatim, fakir miskin, dan kaum dhuafa. Mereka itulah yang disebut sebagai orang beriman dan bersabar dan merekalah yang disebut dalam bahasa Al quran dengan golongan kanan atau bukan golongan kiriatau golongan penghuni neraka.

Munasabah Ayat
Penafsiran di atas dapat dikaitkan dengan sejumlah ayat dalam surat lain, diantaranya:
(Ibrahim: 37)
surat Al Balad 18 dapaty dikorelasikan dengan Al waqiah 41-56:
(Al waqiah 41-56)

mau`izhah
surat ini banyak mengandung mauizhah dan hikmah bagi pengikut Rasulullah antara lain:
  1. kota mekah adalah kota penuh sejarah, namanya telah lama disebut sejak Adam dan Hawa, Ibrahim dan Ismail sampai ke Rasulullah SAW tempat ia dilahirkan. Kota yang aman dan agung di sisi Allah SWT.
  2. kehidupan Rasulullah SAW penuh dengan tantangan dan rintangan karena memang hidup manusia penuh dengan perjuangan. Allah telah m,emuliakan Rasulullah dan tempat kelahirannya.
  3. kepada manusia diberikan 2 jalan oleh Allah untuk ditempuh, kebaikan dan kejahatan. Orang yang berim,an pasti memilih jalan kebaikan dan orang kufur akan memilih jalan kesesatan.
  4. harta yang dianugrahkan Allah harus dimanfatkan oleh ummat manusia menujujalan Allah dan janganlah hartanya dapat membawa malapetaka bagi dirinya.
  5. memilioh jalan yang baik balasannya surga dan memilih jalan yang buruk berarti neraka tempatnya. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam memilih jalan dan jangan salah pilih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar....